pantai maluk

Published November 17, 2011 by yurikefitria55

Pantai malukini memang terkenal dengan pasir putihnya.  Pantai ini juga terbilang mudah untuk disinggahi dengan sarana transportasi yang cukup lengkap.  Dari ibukota NTB, Mataram, dibutuhkan waktu sekitar enam jam untuk sampai ke Pantai Maluk. Sekitar dua jam perjalanan menggunakan feri dari Pelabuhan Kayangan Lombok. Selebihnya perjalanan ditempuh melalui jalur darat.

Pantai Maluk berada di wilayah kabupaten termuda, Sumbawa Barat sebagai daerah pemekaran Kabupaten Sumbawa. Seperti diketahui di kabupaten yang dimanfaatkan untuk eksplorasi penambangan emas tembaga PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ini terdapat banyak obyek wisata pantai yang pantas untuk dikunjungi sebagai lokasi berlibur.   Pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan asing yang memang suka berselancar.  Bisa dibilang pantai ini memang surganya peselancar kelas dunia.  Bahkan ombak di pantai Maluk ini masuk dalam daftar ombak terbaik bagi peselancar dunia lho!

Jika dibandingkan dengan obyek wisata pantai di Bali atau Lombok, pantai maluk tergolong sepi wisatawan dan popularitas kalah jauh dengan pantai kuta maupun senggigi.  Namun bagi wisatawan yang pernah mengunjungi pantai ini, pesonanya tak kalah dengan pantai di Bali atau Lombok.  Pasirnya putih dan lembut, hal ini membuat betah para turis untuk berjemur.  Terlebih lagi buat yang suka berselancar pastinya sangat menikmati berselancar di atas gulungan ombak pantai maluk.

Sebetulnya untuk para turis, berlibur di pantai ini jauh lebih menyenangkan karena tak terlalu ramai namun fasilitas di pantai ini masih minim.  Fasilitas untuk wisatawan menginap memang ada namun masih terasa seadanya dan belum ditangani secara profesional, sayang sekali sebetulnya pantai ini sangat potensial untuk dijadikan tujuan wisata.  Bandingkan dengan Bali dan Lombok yang memang sudah habis-habisan dipoles untuk memikat wisatawan. Menurut saya sebaiknya pemerintah lebih mengoptimalkan potensi pantai ini sebagai daerah wisata.  Indonesia sangat kaya dengan tempat wisata yang memang masih belum populer.  Ketimbang menghabiskan dana untuk menggolkan komodo menjadi tujuan dunia dengan penyelenggara tak jelas, lebih baik mengoptimalkan potensi wisata alam yang memang belum terjamah. Jika dioptimalkan dengan serius, bukan tak mungkin Pantai Maluk ini akan menjadi the next Bali atau the next Lombok.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: